pdf print

Syarat dan ketentuan perjalanan


Syarat dan ketentuan umum ("S&K") ini berlaku antara Anda ("Anda" atau "Konsumen") dan Scanworld Travelpartner AB ("Kami"), operator portal pemesanan www.gotogate.id (selanjutnya disebut "Portal").aAnda diminta membaca S&K ini secara saksama sebelum menggunakan Portal. Dengan menggunakan Portal, Anda menyetujui S&K ini. Jika Anda tidak menyetujui S&K ini, Kami meminta Anda untuk berhenti menggunakan Portal dan keluar dari situs web ini.

Anda wajib berusia minimal 18 tahun dan bertindak dalam kapasitas Anda sebagai konsumen perorangan yang akan melakukan pemesanan lewat Portal. Konsumen perorangan, sebagai lawan perusahaan, adalah orang yang memasuki transaksi hukum untuk tujuan umumnya di luar aktivitas komersial dan/atau pribadi.

Operator Portal dan mitra kontraktual Anda dalam menggunakan Portal adalah:

Scanworld Travelpartner AB (Gotogate)
Box 1340
SE-751 43 Uppsala, Sweden

E-mail: info@support.id.gotogate.com
Telepon: 00852-30081583

S&K ini diatur sebagai berikut:

Daftar isi

  1. LINGKUP LAYANAN
  2. PROSES PEMESANAN DAN INFORMASI KONTAK
  3. MEDIASI PENERBANGAN
  4. MEDIASI PEMESANAN HOTEL
  5. MEDIASI PEMESANAN MOBIL SEWA
  6. KETENTUAN KHUSUS TENTANG MEDIASI PEMESANAN ANEKA LAYANAN
  7. INFORMASI TENTANG KETENTUAN MENGENAI PASPOR, VISA, DAN KESEHATAN
  8. LAYANAN KAMI SENDIRI
  9. BIAYA DAN PEMBAYARAN
  10. KELUHAN
  11. HAK-HAK KONSUMEN BERDASARKAN PERATURAN UE
  12. KEWAJIBAN
  13. ACUAN HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA
  14. PERLINDUNGAN DATA
  1. Lingkup Layanan
    1. Mediasi Layanan Perjalanan
      1. Untuk layanan penerbangan, hotel, asuransi dan sewa kendaraan yang ditawarkan lewat Portal (secara bersama-sama disebut "Layanan Perjalanan"), Kami secara eksklusif bertindak dalam kapasitas kami sebagai perantara. Untuk itu, peran dan kewajiban kami dibatasi sebagai memediasi Layanan Perjalanan yang akan diberikan oleh pihak ketiga seperti maskapai penerbangan, operator hotel, hotel, perusahaan asuransi, perusahaan sewa kendaraan, atau penyedia layanan lain (selanjutnya dalam tiap kasus disebut "Penyedia Layanan").
      2. Untuk itu, perjanjian terkait penyediaan Layanan Perjalanan (misalnya kontrak transportasi, kontrak asurasi, perjanjian sewa) secara aktual berlaku langsung antara Anda dan Penyedia Layanan terkait. Kami bukan mitra vendor Jasa Perjalanan dan Kami bukan salah satu pihak dalam relasi kontraktual antara Anda dan Penyedia Layanan tersebut.
      3. Dengan menggunakan Portal untuk membeli Layanan Perjalanan, Anda memberi Kami wewenang untuk melakukan mediasi dengan Penyedia Layanan terkait atas nama Anda, termasuk mediasi pembayaran atas Layanan Perjalanan ini, untuk memastikan transaksi antara Anda dan Penyedia Layanan dijalankan. Harga yang diberikan untuk Layanan Perjalanan aktual dapat mencakup komisi atas jasa yang kami berikan dalam memediasi kesepakatan antara Anda dan Penyedia Layanan terkait.
      4. Tanggung jawab pelaksanaan secara aktual Layanan Perjalanan yang dimediasi lewat Portal secara eksklusif berada di tangan Penyedia Layanan terkait. Dalam menjalankan peran sebagai perantara, Kami tidak memiliki tanggung jawab apa pun atas Layanan Perjalanan yang akan disediakan oleh Penyedia Layanan dan Kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun (tersurat maupun tersirat) terkait kecocokan atau kualitas Layanan yang dimediasi lewat Portal. Untuk klaim apa pun yang mungkin Anda ajukan terkait pelaksanaan atau tidak dilaksanakannya Layanan Perjalanan, silakan Anda mengajukannya ke Penyedia Layanan terkait.
      5. Jika Anda memiliki permintaan khusus (misalnya menu khusus, fasilitas difabel, atau kursi anak) saat memesan Layanan Perjalanan, Kami akan meneruskan permintaan Anda ke Penyedia Layanan terkait. Namun demikian, Kami tidak bertanggung jawab mengenai apakah Penyedia Layanan dapat benar-benar memenuhi permintaan tersebut.
    2. Layanan Kami Sendiri
    3. Selain memediasi Layanan Perjalanan seperti disebutkan dalam Pasal 1.1 di atas, tersedia juga layanan tambahan (selain Layanan Perjalanan) lewat Portal yang penyediaannya adalah tanggung jawab kami sendiri. Untuk layanan tambahan tersebut, Anda menjalin relasi kontraktual langsung dengan Kami. Dalam tiap kasus, kami akan secara jelas memberi tahu Anda jika dan sampai sejauh mana kami menawarkan layanan kami sendiri dan bukan hanya memediasi layanan pihak ketiga. Portofolio layanan kami bervariasi dari waktu ke waktu. Beberapa layanan kami sendiri dijelaskan dalam Pasal 8. Untuk layanan tambahan yang tidak dijelaskan dalam S&K ini, penjelasan rinci atas layanan tambahan tersebut juga informasi tentang biaya serta syarat dan ketentuan tambahan untuk pemesanan dan penggunaan, disediakan bagi Anda selama proses pemesanan.
    4. Ketentuan kontraktual yang berlaku
      1. S&K ini berlaku untuk mediasi Layanan Perjalanan berdasarkan Pasal 1.1 juga untuk layanan kami sendiri berdasarkan Pasal 1.2.
      2. Untuk perjanjian antara Anda dan Penyedia Layanan terkait (Pasal 1.1.2), syarat dan ketentuan umum Penyedia Layanan tersebut (misalnya syarat angkutan, syarat transfer, syarat asurasi, atau sejenisnya), yang diberlakukan oleh Penyedia Layanan berlaku. Syarat dan ketentuan umum dari Penyedia Layanan tersebut akan diberitahukan kepada Anda selama proses pemesanan. Karena syarat dan ketentuan Penyedia Layanan mungkin berisi ketentuan terkait kewajiban, pembatalan, perubahan pemesanan atau uang kembali (jika ada) dan batasan-batasan lain, Anda disarankan untuk membaca ketentuan-ketentuan tersebut secara hati-hati.
  2. Proses pemesanan dan informasi kontak
    1. Selama proses pemesanan, Anda disediakan sarana teknis yang dibutuhkan untuk mendeteksi kesalahan dalam formulir isian dan mengoreksinya sebelum mengirim permintaan pemesanan. Anda diminta memeriksa akurasi semua data sebelum menyelesaikan permintaan pemesanan. Perubahan yang dilakukan setelah permintaan dikirim dapat dikenai biaya tambahan secara signifikan.
    2. Kami mungkin perlu menghubungi Anda, misalnya, jika Anda melakukan perubahan terhadap Layanan Perjalanan yang sudah dibeli. Anda wajib mengirim informasi kontak yang akurat, misalnya nomor telepon dan alamat email. Anda juga wajib melakukan pengecekan secara kontinu siapa tahu Anda menerima pesan dari Kami.

      Anda juga bertanggung jawab memastikan Anda dapat menerima pesan kami. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak menerima pesan dari Kami akibat kondisi di luar kuasa kami termasuk, tapi tak terbatas pada, kondisi berikut: (i) Alamat email yang Anda berikan salah; (ii) pengaturan email Anda mencegah email kami mencapai Anda; atau (iii) pengaturan email Anda memperlakukan email kami sebagai sampah.
  3. Mediasi penerbangan
    1. Penyelesaian kontrak dan perubahan harga
      1. Setelah Anda mengirim permintaan pemesanan, Kami akan mengonfirmasi diterimanya permintaan Anda lewat email. Inilah momen dimulainya kontrak mediasi antara Anda dan Kami. Jika Anda tidak menerima konfirmasi tersebut dalam satu jam sejak menyelesaikan permintaan pemesanan, dan tak satupun operator menghubungi Anda lewat email atau telepon untuk memberitahukan adanya masalah, mohon hubungi kami lewat telepon untuk memastikan.
      2. Segera setelah tiket pesanan Anda diterbitkan, Anda akan menerima email konfirmasi disertai nomor tiket. Inilah momen dimulainya ikatan kontrak antara Anda dan maskapai penerbangan yang bersangkutan.
      3. Harga tiket pesawat, juga ketersediaan kursi, dimasukkan secara langsung oleh maskapai yang bersangkutan. Untuk perubahan harga tiket pesawat di luar kuasa kami yang terjadi setelah permintaan pemesanan dikirim, tapi sebelum kontrak dengan maskapai penerbangan menjadi mengikat (seperti diatur dalam Pasal 3.1.2 di atas), kontrak tidak akan berlaku dan uang Anda dikembalikan secara penuh. Kami dapat menghubungi Anda dan menawari Anda opsi untuk menerima harga baru selama jam kerja normal, tapi paling lambat 24 jam setelah kami mengetahui perubahan harga tersebut atau pada hari kerja pertama setelah jangka waktu 24 jam tersebut.
    2. Informasi tentang syarat pemesanan dan angkutan
      1. Terkait penerbangan yang ditawarkan lewat Portal, Kami secara eksklusif bertindak dalam kapasitas kami sebagai perantara. Perjanjian pelaksanaan penerbangan berlaku langsung antara Anda dan maskapai penerbangan terkait dan Kami tidak menerima tanggung jawab kontraktual apa pun berkaitan dengan pelaksanaan atau tidak terlaksananya penerbangan Anda. Pelaksanaan/ tidak dilaksanakannya penerbangan Anda adalah tanggung jawab maskapai penerbangan terkait.
      2. Sebelum Anda menyelesaikan pemesanan, syara dan ketentuan maskapai penerbangan yang bersangkutan akan diberitahukan kepada Anda.
      3. Di bawah, secara garis besar, Kami sediakan informasi tentang syarat minimum terkait pemesanan dan angkutan yang biasanya diberlakukan oleh maskapai penerbangan. Namun demikian perubahan ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan yang bersangkutan mengalahkan informasi umum yang disediakan dalam Pasal 3.2.2 ini. Oleh karena itu, setiap saat, mohon cek syarat dan ketentuan maskapai penerbangan yang bersangkutan sebelum Anda melakukan pemesanan.
        • Jam penerbangan/check-in
          Semua waktu penerbangan ditentukan secara lokal. Kedatangan hari berikutnya diindikasikan dengan "+1" pada jadwal. Jam penerbangan yang disebutkan hanya prediksi dan dapat berubah sesaat setelah tiket diterbitkan; misalnya, akibat adanya pembatasan oleh kontrol penerbangan, cuaca, atau pembatasan fungsional oleh maskapai penerbangan. Mohon persiapkan diri beberapa jam sebelum penerbangan.

          Mohon patuhi waktu check-in yang ditentukan oleh maskapai penerbangan. Maskapai berhak menolak Anda naik ke pesawat jika terlambat check-in. Harap diperhatikan bahwa beberapa maskapai penerbangan menganjurkan untuk check-in melalui situs web mereka sendiri, karena mereka mungkin mengenakan biaya check-in apabila Anda check-in secara manual di bandara.
        • Kombinasi tiket individu
          Kombinasi dua tiket sekali jalan terpisah sebagai ganti tiket pergi pulang ditandai secara jelas selama prosedur pemesanan. Tiket-tiket tersebut diperlakukan secara terpisah jika terjadi pembatalan, perubahan, gangguan lalu lintas udara seperti pemogokan, dan perubahan jadwal penerbangan. Tiap peraturan dari maskapai penerbangan yang bersangkutan akan berlaku.

          Tiket pesawat dengan nomor pemesanan berbeda selalu dianggap sebagai perjalanan yang tidak saling berkaitan.
        • Tiket pesawat dengan beberapa segmen/urutan penggunaan
          Tiket pergi pulang atau sekali jalan Anda dapat terdiri atas beberapa segmen. Menurut syarat maskapai penerbangan pada umumnya, segmen penerbangan tersebut harus digunakan secara urut. Jika tidak urut, banyak maskapai penerbangan menolak angkutan berdasarkan segmen penerbangan selanjutnya (misalnya tidak menggunakan satu segmen perjalanan dapat menghanguskan sisa tiket lain). Untuk tiket pergi pulang, jika Anda tidak datang pada penerbangan keberangkatan, penerbangan pulang Anda dapat dibatalkan oleh maskapai penerbangan.
        • Kehamilan
          Beberapa maskapai penerbangan menolak membawa penumpang perempuan dengan usia kehamilan di atas 28 minggu pada tanggal penerbangan keberangkatan atau kepulangan. Jika Anda hamil, Anda wajib menghubungi maskapai penerbangan dan dokter Anda untuk menentukan apakah Anda dapat melakukan perjalanan atau tidak.
        • Bayi dan tiket anak
          Mohon hubungi maskapai penerbangan untuk mengetahui syarat bepergian dengan anak yang tidak menggunakan kursi terpisah. Biasanya, anak usia di atas 2 tahun membutuhkan kursi terpisah, sementara anak usia 0 sampai tahun dianggap sebagai bayi dan tidak diberi kursi sendiri. Jika bayi mencapai umur 2 tahun sebelum akhir perjalanan, tiket anak wajib dipesan untuk seluruh perjalanan. Tiket bayi tidak dapat dipesan sebelum kelahiran, karena nama dan tanggal lahir yang benar harus cocok dengan yang tertera dalam paspor. Kami tidak akan mengganti biaya apa pun yang timbul jika jenis tiket yang dipesan keliru sejak awal.
        • Anak di bawah umur tanpa pendamping
          Kami tidak memediasi pemesanan tiket apa pun untuk anak di bawah umur tanpa pendamping. Anak berusia kurang dari 18 tahun wajib disertai orang dewasa saat memesan perjalanan. Negara dan maskapai penerbangan tertentu menolak anak berusia kurang dari 18 tahun kecuali ditemani pendamping yang sah. Mohon perhatikan bahwa beberapa maskapai penerbangan mensyaratkan anak berusia kurang dari 18 tahun membawa akta kelahiran sebelum melakukan perjalanan.
        • Bagasi hilang/rusak
          Dalam kapasitas kami sebagai perantara, Kami menolak bertanggung jawab atas bagasi hilang atau rusak. Setiap masalah harus segera dilaporkan kepada perwakilan maskapai penerbangan di bandara.
        • Akomodasi transit dan penginapan
          Umumnya, transportasi darat dan/atau penginapan selama perjalanan Anda tidak termasuk dalam harga tiket. Anda bertanggung jawab memeriksa jadwal dan harga tiket transportasi darat.
        • Jam penerbangan penghubung
          Tiket standar yang dipesan lewat Portal dilengkapi jam penerbangan penghubung yang disetujui. Waktu yang diperlukan untuk melakukan penerbangan penghubung dihitung oleh maskapai penerbangan. Jika salah satu segmen penerbangan tertunda dan mengakibatkan hilangnya penerbangan penghubung, maskapai penerbangan wajib membantu Anda mencapai tujuan akhir Anda (lihat Pasal 11.1).
          Untuk tiket yang dipesan terpisah, maskapai penerbangan tidak bertanggung jawab atas hilangnya penerbangan penghubung akibat keterlambatan. Untuk itu, Anda bertanggung jawab memastikan jam penerbangan penghubung cukup menurut maskapai penerbangan dan bandara. Biaya tambahan apa pun yang muncul akibat tertinggal penerbangan penghubung tidak akan diganti.
        • Pemesanan ganda
          Pemesanan ganda artinya dua pemesanan atau lebih dengan nama penumpang yang sama dilakukan ke maskapai penerbangan yang sama. Jika Anda melakukan pemesanan ganda, maskapai penerbangan dapat membatalkan perjalanan. Ini dapat terjadi jika pemesanan dilakukan lewat beberapa agen perjalanan. Kami tidak bertanggung jawab atas pembatalan oleh maskapai penerbangan, atau ditolaknya permintaan uang kembali oleh maskapai penerbangan, jika mereka curiga terjadi pemesanan ganda.
    3. Maskapai penerbangan yang dilarang beroperasi di UE (daftar hitam) Mohon perhatikan bahwa beberapa maskapai penerbangan dilarang beroperasi di dalam UE, berdasarkan keputusan yang dibuat oleh European Commission setelah berkonsultasi dengan otoritas transportasi udara nasional. Maskapai penerbangan tersebut dilarang karena mereka dianggap tidak aman atau tidak dikontrol secara memadai oleh otoritas di negara mereka.
      Anda dapat melihat maskapai penerbangan mana yang dikenai larangan beroperasi lewat tautan berikut:
      Daftar Hitam (Daftar maskapai penerbangan yang dilarang beroperasi di UE)
    4. Perubahan jadwal dan pembatalan oleh maskapai penerbangan
      1. Perjanjian Anda dengan maskapai penerbangan yang bersangkutan mungkin membolehkan Anda membatalkan atau memperbaiki pemesanan Anda. Kami akan memberitahukan kepada Anda perubahan apa pun begitu kami menerima pemberitahuan dari maskapai penerbangan.
      2. Jam penerbangan yang ditampilkan dalam konfirmasi pemesanan Anda dapat berubah antara tanggal pemesanan Anda dan tanggal Anda melakukan perjalanan. Jika terjadi perubahan jadwal penerbangan, kami akan segera memberi tahu Anda begitu kami menerima pemberitahuan dari maskapai penerbangan. Namun demikian, kami sangat menyarankan Anda untuk menghubungi maskapai penerbangan terkait paling lambat 72 jam sebelum jadwal keberangkatan masing-masing penerbangan untuk memastikan penerbangan tersebut (dan penerbangan penghubung) beroperasi sesuai jadwal. Kami tidak memiliki kendali atas perubahan jadwal maskapai penerbangan dan tidak bertanggung jawab atas biaya yang muncul akibat perubahan tersebut.
    5. Perubahan dan pembatalan atas permintaan Anda
      Untuk maskapai penerbangan berbiaya rendah, lihat Pasal 3.7.
      1. Syarat mengubah pemesanan penerbangan (termasuk perubahan nama penumpang, tujuan, dan tanggal perjalanan) dan pengembalian uang (refund) akibat pembatalan ditentukan oleh maskapai penerbangan terkait, yang merupakan mitra kontraktual yang menyediakan penerbangan bagi Anda. Kami, sebagai perantara, tidak punya pengaruh apa pun yang ketentuan tersebut.
      2. Jika Anda ingin mengubah pemesanan atau meminta uang dikembalikan akibat pembatalan, sebagai layanan tambahan dari kami, Kami menawarkan diri untuk mengurus permintaan tersebut atas nama Anda, asalkan ketentuan maskapai penerbangan mengizinkan perubahan atau pengembalian uang akibat pembatalan. Selama proses pemesanan layanan tambahan, kami akan memberitahukan kepada Anda ketentuan lain untuk layanan tersebut jika ada. Atau, Anda tentu saja dapat mendekati perusahaan penerbangan yang bersangkutan secara langsung.
      3. Agar kami dapat mengurus perubahan yang Anda minta, kami perlu menerima permintaan perubahan dari Anda paling lambat 24 jam sebelum dimulainya perjalanan (lewat telepon saja). Jika Anda telah membeli layanan Tiket Fleksibel kami, lihat pasal 8.

        Untuk permintaan perubahan dalam waktu mendadak, kami sarankan Anda untuk menghubungi langsung maskapai penerbangan yang bersangkutan.
    6. Pesawat Tidak Datang atau Tidak Muncul Anda dengan ini memberi kami wewenang untuk membatalkan penerbangan yang tidak digunakan atas nama Anda jika pesawat tidak muncul atau tidak hadir dan meminta pengembalian dana yang mungkin dari maskapai penerbangan atas nama Anda. Kami berhak tetapi tidak wajib melakukan hal tersebut dan hak Anda untuk meminta pengembalian dana secara langsung dari maskapai penerbangan terkait tidak menjadi berkurang.
    7. Maskapai penerbangan berbiaya rendah
      1. Selama prosedur pemesanan, Anda dapat melihat dengan jelas jika penerbangan terkait dioperasikan oleh maskapai penerbangan berbiaya rendah. Ketentuan khusus berikut berlaku untuk penerbangan yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan berbiaya rendah
      2. Saat memediasi Layanan Perjalanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan berbiaya rendah, Kami dapat bertindak atas nama Anda dalam menyelesaikan kontrak antara Anda dan maskapai penerbangan berbiaya rendah tersebut.
      3. Kami tidak memiliki akses ke sistem pemesanan maskapai penerbangan berbiaya rendah. Untuk itu, silakan menghubungi maskapai penerbangan berbiaya rendah terkait untuk pertanyaan tentang pemesanan, perubahan, atau pembatalan pemesanan. Jika Anda telah membeli layanan Tiket Fleksibel kami (lihat Pasal 8), semua permintaan pemesanan ulang wajib dilakukan lewat layanan konsumen seperti diatur dalam Pasal 8.1.4.
      4. Mohon perhatikan juga bahwa beberapa maskapai penerbangan berbiaya rendah mengutip biaya check-in manual di bandara. Untuk menghindari biaya tersebut, Anda sebaiknya menggunakan opsi check-in online lewat situs web maskapai penerbangan berbiaya rendah terkait. Mohon cari informasi tentang opsi check-in dan ketentuan maskapai penerbangan yang Anda gunakan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.
      5. Konfirmasi pemesanan untuk penerbangan berbiaya murah dikirim segera setelah reservasi dikonfirmasi oleh maskapai penerbangan berbiaya murah tersebut. Anda mungkin menerima dua konfirmasi pemesanan - satu dari kami dan satu dari maskapai penerbangan berbiaya murah tersebut. Jika Anda menerima dua konfirmasi pemesanan, mohon gunakan konfirmasi pemesanan dari maskapai penerbangan berbiaya murah tersebut untuk check-in.
  4. Mediasi Pemesanan Hotel Layanan hotel yang dipesan via Portal dimediasi oleh EAN.com L.P. ("Hotels.com").

    Semua pertanyaan terkait pemesanan dan permintaan perubahan atau pembatalan untuk itu wajib diajukan langsung ke Hotels.com. Anda dapat menemukan informasi kontak untuk Hotels.com di sini:
    Nomor telepon: (+65) 6415 5539

    Anda dapat membaca syarat dan ketentuan Hotels.com di situs web mereka.
  5. Mediasi Pemesanan Sewa Mobil Layanan sewa mobil yang dipesan lewat Portal dimediasi oleh Traveljigsaw Limited ("Rentalcars.com").

    Semua pertanyaan terkait pemesanan dan permintaan perubahan atau pembatalan untuk itu wajib diajukan langsung ke Rentalcars.com. Anda dapat menemukan informasi kontak untuk Rentalcars.com di sini:
    Untuk informasi kontak setempat, silakan melihat situs web Rentalcars.
    Anda dapat membaca syarat dan ketentuan Rentalcars.com di sini.
  6. Ketentuan khusus untuk mediasi pemesanan aneka layanan Portal ini menawarkan opsi mengombinasikan dan mencocokkan aneka layanan individu sesuka Anda (misalnya pesawat + hotel). Dalam hal ini, Anda memerintahkan kami untuk bertindak sebagai perantara pemesanan aneka layanan perjalanan dari berbagai pemasok. Pemasok yang bersangkutan akan disajikan kepada Anda selama prosedur pemesanan sebelum pemesanan diselesaikan. Jika Anda mengombinasikan layanan individu, kontrak perjalanan tidak diselesaikan antara Anda dan kami; sebagai gantinya, Anda menyelesaikan beberapa kontrak penyediaan layanan individu dengan masing-masing pemasok. Dalam hal ini, kami semata beroperasi dalam kapasitas kami sebagai perantara terkait masing-masing layanan perjalanan individu.
  7. Informasi tentang ketentuan mengenai paspor, visa, dan kesehatan
    1. Ketentuan mengenai paspor, visa/atau kesehatan dapat berubah dan Anda sebaiknya menghubungi otoritas terkait (kedutaan besar, konsulat, dll.) jauh hari sebelum melakukan perjalanan. Anda bertanggung jawab memperoleh paspor yang valid dan, bila diperlukan, visa. Mohon sertakan semua titik transit perjalanan Anda yang mungkin juga mensyaratkan Anda memperoleh visa. Mengurus visa dapat memakan waktu lama, untuk itu Anda disarankan mengajukan permohonan jauh-jauh hari. Kita tidak bertanggung jawab atas konsumen yang tidak memegang dokumen lengkap.
    2. Tiap tujuan memberlakukan persyaratan sendiri, termasuk dokumen masuk, vaksinasi, dll, yang mungkin berbeda-beda menurut kewarganegaraan penumpang. Anda bertanggung jawab mencari informasi tersebut. Insiden apa pun yang terjadi akibat tidak dipatuhinya peraturan resmi bukan tanggung jawab kami. Untuk itu kami sarankan Anda untuk selalu memeriksa ketentuan resmi tujuan yang dipilih atau negara persinggahan, juga waktu yang dibutuhkan untuk mengambil semua langkah terkait.
  8. Layanan kami sendiri
    1. Tiket Fleksibel
      1. Jika dibeli selama prosedur pemesanan, Tiket Fleksibel membolehkan Anda mengubah tanggal dan/atau jam pemesanan tiket pesawat Anda berdasarkan ketentuan yang diatur dalam pasal ini. Saat menyediakan layanan Tiket Fleksibel Kami hanya memediasi kontrak angkutan antara Anda dan maskapai penerbangan terkait. Karena Tiket Fleksibel adalah layanan kami sendiri (yaitu, Anda tidak dapat menggunakan layanan Tiket Fleksibel dengan menghubungi maskapai penerbangan secara langsung), semua permintaan pemesanan ulang lewat layanan Tiket Fleksibel wajib dilakukan lewat layanan konsumen kami (lihat Pasal 8.1.4.1).
      2. Dengan Tiket Fleksibel, penerbangan dapat dipesan ulang dengan syarat-syarat berikut:
        • Pemesanan ulang harus dilakukan berdasarkan Pasal 8.1.4 dan minimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan semula.
        • Pemesanan ulang hanya dapat dilakukan dalam maskapai penerbangan yang sama, yaitu, tiket pesawat hanya dapat dipesan ulang untuk pesawat yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang sama dengan maskapai penerbangan yang menerbitkan tiket yang dipesan pertama.
        • Segmen penerbangan wajib digunakan dalam urutan yang sama dengan urutan pemesanan asli.
        • Peningkatan ke kabin, atau kelas pemesanan berbeda pada penerbangan yang sama, tidak diizinkan.
        • Pemesanan ulang tiket untuk tujuan "persinggahan" (yakni tinggal di kota penghubung lebih lama daripada pesanan awal) tidak diizinkan.
        • Perubahan asal dan/atau tujuan tidak dapat dilakukan, untuk penerbangan berangkat maupun pulang.
        • Tiket Fleksibel melarang perubahan ataupun koreksi nama.
        • Perjalanan hanya dapat dipesan ulang sekali. Setelah perubahan dikonfirmasi, Tiket Fleksibel dianggap sudah dipakai.
        • Untuk pemesanan ulang, perjalanan wajib dituntaskan dalam satu tahun sejak tanggal pemesanan asli. Perjalanan baru tidak dapat dimulai dalam 24 jam dari waktu permintaan perubahan.
        • Uang pemesanan tidak dapat diminta kembali setelah layanan Tiket Fleksibel digunakan.
      3. Tiket Fleksibel wajib dipesan dan dilunasi selama proses pemesanan dan tidak dapat ditambahkan kemudian.
      4. Jika Anda ingin memesan ulang tiket Anda, hubungi layanan konsumen kami lewat telepon atau email selama jam buka biasa. Anda dapat menemukan nomor telepon kami di bawah "Hubungi Kami - Telepon". 

        Mohon perhatikan bahwa kami menggunakan bahasa Inggris di telepon maupun email.
      5. Pemesanan ulang selesai hanya setelah Kami mengonfirmasinya lewat email. Jika Anda tidak menerima konfirmasi, silakan menghubungi layanan konsumen kami.
      6. Pemesanan ulang penerbangan menggunakan layanan Tiket Fleksibel bergantung pada ketersediaan. Jika perubahan yang diinginkan menghasilkan tiket lebih mahal, atau jika perubahan mengakibatkan hilangnya hak pasien atas harga khusus (misalnya untuk anak kecil), Anda menanggung sendiri biaya tambahan yang muncul. Kami tidak bertanggung jawab atas pengaruh pemesanan ulang terhadap layanan tambahan apa pun yang disepakati langsung dengan maskapai penerbangan (misalnya pemesanan bagasi tambahan atau reservasi kursi).
      7. Jika Anda membatalkan penerbangan, uang yang dibayarkan untuk layanan Tiket Fleksibel tidak akan dikembalikan.
      8. Jika Anda tidak hadir dalam salah satu segmen perjalanan, opsi pemesanan ulang lewat layanan Tiket Fleksibel tidak berlaku lagi.
    2. Perlindungan Pembatalan
      1. Perlindungan pembatalan harus diambil dan dibayar pada waktu memesan perjalanan. Cakupan ini mulai berlaku apabila pemesanan sudah dilakukan dan tidak lagi akan berlaku apabila perjalanan sudah dimulai, yang dihitung dari tanggal keberangkatan semula yang dipesan. Semua konsumen yang melakukan pemesanan wajib sudah mengambil perlindungan pembatalan agar proteksi pembatalan dapat digunakan saat pemesanan dibatalkan.
      2. Pembatalan harus dilakukan sekurangnya dua jam sebelum keberangkatan agar perlindungan pembatalan dapat berlaku. Perlindungan pembatalan tidak lagi berlaku setelah perjalanan dimulai. Maskapai penerbangan, pihak penyedia hotel atau sewa mobil wajib dihubungi secara langsung untuk pembatalan di luar jam kerja kami.
      3. Apabila perjalanan dibatalkan berdasarkan surat dokter yang valid, seluruh biaya pemesanan akan dikembalikan kecuali biaya administrasi 45 USD per orang. Kami tidak akan mengembalikan biaya untuk perlindungan pembatalan atau biaya, tagihan dan polis asuransi apa pun yang sudah dibayar sebelumnya (selain dari asuransi perjalanan). Nilai maksimum yang dibayarkan jika terjadi pembatalan berdasarkan perlindungan pembatalan adalah 3.000 USD per orang dan/atau 6.000 USD per per perjalanan.
      4. Insiden dengan hak penggantian Biaya akan diganti jika Anda tidak dapat melaksanakan perjalanan yang direncanakan akibat kejadian tak terduga berikut:
        • Sakit akut atau kecelakaan yang memengaruhi Anda, pendamping perjalanan Anda pada pemesanan yang sama, atau kerabat dekat, dan Anda disarankan untuk tidak melakukan perjalanan yang sudah direncanakan berdasarkan surat keterangan dari dokter yang memiliki reputasi tidak tercela, yang melakukan perawatan.
        • Peristiwa kematian yang memengaruhi Anda, kerabat dekat atau pendamping perjalanan yang tercantum pada pemesanan yang sama.
        "Kerabat dekat" dalam konteks ini berarti suami, istri, anak-anak, cucu, saudara kandung, orang tua, nenek-kakek atau mertua dari pihak yang terasuransi, atau orang yang tinggal bersama pihak yang terasuransi sebagai pasangan, ibarat pasangan yang menikah.
      5. Perlindungan pembatalan tidak termasuk:
        • remunerasi yang mungkin diterima dari tempat lain, misalnya, perlindungan pembatalan lain atau asuransi;
        • sakit, kecelakaan, atau cidera yang Anda ketahui (yang didiagnosis Anda derita), ketika menyelesaikan perlindungan pembatalan;
        • sakit kronis/infeksi/gangguan mental, kecuali orang yang bersangkutan sudah dinyatakan benar-benar bebas dari gejala/masalah selama enam bulan terakhir, dari waktu memesan perjalanan. Jika pembatalan berkaitan dengan gejala-gejala ini, diagnosis harus dikonfirmasi oleh seorang spesialis;
        • sakit, kecelakaan atau reperkusi lainnya akibat kehamilan atau melahirkan;
        • komplikasi yang disebabkan oleh alkohol, intoksikan, sedatif atau narkotika lainnya;
        • biaya yang timbul akibat pihak tertanggung menunda pembatalan rencana perjalanannya;
        • tujuan perjalanan tidak lagi berlaku;
        • komplikasi yang disebabkan oleh prosedur dan perawatan yang dipilih secara pribadi, misalnya, operasi kecantikan;
        • rencana tambahan perjalanan yang tidak termasuk dalam konfirmasi, misalnya, tiket teater dan semacamnya;
        • fobia terbang / takut naik pesawat.
      6. Apa yang kami perlukan dari Anda? Perlindungan pembatalan hanya berlaku bersama dengan surat keterangan dokter yang sah. Hal ini harus diterima oleh kami dalam waktu lima hari kerja pembatalan. Surat keterangan dokter harus diisi lengkap oleh dokter yang memiliki reputasi baik, yang melakukan perawatan, dan membubuhkan nama, rincian kontak dan cap dokter. Salinan tanda pengenal dokter harus dilampirkan jika cap dokter tidak tersedia.
      7. Informasi berikut harus juga disertakan dalam surat keterangan dokter.
        • tanggal pemeriksaan
        • hasil pemeriksaan
        • diagnosis
        • surat keterangan/dokumentasi lainnya yang mungkin penting dalam penilaian klaim
        • fakta bahwa sakitnya bersifat akut dan akan mencegah pasien untuk bepergian
        Surat keterangan dokter dapat diunduh di sini Untuk mengirimkan keterangan medis, klik di sini.
  9. Biaya dan Pembayaran
    1. Pembayaran
      1. Pembayaran untuk Layanan Perjalanan diproses oleh kami (bekerja sama dengan penyedia layanan pembayaran yang menyediakan fungsi pemrosesan pembayaran) atau Penyedia Layanan. Mohon perhatikan bahwa Kami mungkin perlu berbagi informasi pembayaran Anda, misalnya informasi kartu kredit atau debit Anda, dengan penyedia layanan pembayaran kami untuk dapat memproses pembayaran. Semua informasi pembayaran milik konsumen kami dienkripsi dalam server aman saat dibagi dengan penyedia layanan pembayaran kami.
      2. Tergantung kriteria pemesanan dan layanan tambahan, pembayaran dapat dipecah menjadi dua transaksi terpisah, satu tagihan dari kami dan satu lainnya dari Penyedia Layanan. Anda tidak akan ditagih di atas total harga aktual yang ditampilkan pada situs kami. Langkah pengamanan yang sama diterapkan.
      3. Untuk memastikan kami dapat memproses pembayaran yang Anda lakukan, Anda perlu memastikan tersedia cukup dana. Jika muncul masalah terkait pemrosesan pembayaran Anda, Kami akan mencoba lagi memproses pembayaran Anda bekerja sama dengan penyedia layanan pembayaran kami. Jika tindakan ini tidak berhasil menarik dana dari Anda, Kami akan segera menghubungi Anda untuk instruksi tentang metode pembayaran lain. Jika kami tidak menerima pembayaran dari Anda setelah instruksi lebih lanjut tersebut, tunggakan pembayaran Anda akan diserahkan ke perusahaan penagih utang.
    2. Kecurangan pembayaran
      Jika kami punya alasan untuk curiga kecurangan sedang terjadi, Kami bila menganggap perlu berhak menolak memproses pembayaran tersebut. Legitimisasi Pembayaran mungkin diminta jika dicurigai ada tindak pidana. Semua jenis kecurangan pembayaran akan dilaporkan kepada polisi dan diserahkan ke perusahaan penagih utang.
  10. Keluhan
    1. Klaim terkait pelaksanaan Layanan Perjalanan
      Segala masalah, keluhan, atau klaim terkait pelaksanaan Layanan Perjalanan di lapangan wajib ditujukan langsung kepada Penyedia Layanan terkait (operator perjalanan, asuransi penerbangan, perusahaan sewa mobil, hotel) yang melakukan kontrak Layanan Perjalanan terkait dengan Anda. Lihat juga pasal 11 tentang hak-hak Anda berdasarkan peraturan UE.
    2. Keluhan terkait layanan kami sendiri
      Keluhan terkait layanan kami sendiri wajib dibuat secara tertulis dan dikirim dalam dua bulan sejak tanggal perjalanan Anda via formulir keluhan yang ada di sini.

      Formulir keluhan wajib dikirim lewat pos biasa atau email ke alamat berikut:
      Alamat surat: Etraveli AB
      FAO: Customer Relations
      Box 1340
      SE-751 43 Uppsala, Sweden

      Alamat email: customer.relations@etraveli.com
  11. Hak-hak konsumen berdasarkan peraturan UE
    1. Penerbangan dibatalkan atau terlambat
      Jika Anda bepergian ke atau dari UE, atau menggunakan maskapai penerbangan UE, Anda mungkin berhak mengajukan penggantian biaya yang dapat Anda tagihkan langsung ke maskapai penerbangan terkait jika penerbangan Anda dibatalkan, terlambat, atau Anda ditolak naik ke pesawat. Untuk informasi lain tentang Peraturan UE 261/2004, silakan klik di sini.
    2. Kewajiban maskapai penerbangan
      Peraturan EC (889/2002) tentang kewajiban maskapai penerbangan jika terjadi kecelakaan. Peraturan dapat ditemukan di sini.
  12. Kewajiban
    1. Anda menerima bahwa Kami bertindak sebagai perantara antara Anda dan Penyedia Layanan. Dalam kondisi apa pun kami tidak bertanggung jawab atas Layanan Perjalanan yang Anda telah pesan dari satu atau beberapa Penyedia Layanan dan kami tidak bertanggung jawab atas ketidakuratan informasi apa pun yang ditampilkan pada Portal yang disediakan oleh Penyedia Layanan terkait.
    2. Jika Penyedia Layanan tidak dapat menyediakan Layanan Perjalanan karena sebab apa pun, termasuk jika Penyedia Layanan dinyatakan bankrut, Kami hanya dapat bertindak sebagai perantara dan mengembalikan uang jika kami telah menerimanya kembali dari Penyedia Layanan terkait.
    3. Untuk layanan kami sendiri, Kami bertanggung jawab atas kerugian sesuai batasan yang diatur dalam S&K ini dan sejauh diperbolehkan oleh hukum yang berlaku. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung yang Anda derita, bayar, atau keluarkan akibat kegagalan nyata kami dalam melaksanakan kewajiban kami terkait layanan kami sendiri maksimal sebesar nilai agregat pemesanan Anda (untuk satu kejadian ataupun rangkaian kejadian).
    4. Batasan kewajiban yang diatur dalam Pasal 12.3 juga berlaku untuk pelanggaran tugas oleh orang yang kesalahannya mengakibatkan Kami memikul tanggung jawab berdasarkan hukum yang berlaku.
  13. Acuan hukum dan penyelesaian sengketa
    1. Acuan hukum
      Hukum negara Swedia berlaku secara eksklusif terhadap Syarat & Ketentuan dan kontrak antara Anda dan kami.

      Sebagai konsumen, Anda akan memperoleh manfaat dari ketentuan wajib hukum negara tempat tinggal Anda. Tidak ada satu ketentuan pun dalam S&K ini, termasuk Pasal 13.1 ini, mengurangi hak Anda sebagai konsumen untuk mengandalkan ketentuan wajib hukum setempat.
    2. Penyelesaian Sengketa Online
      Komisi Eropa menyediakan sebuah platform penyelesaian sengketa online (ODS) di bawah http://ec.europa.eu/consumers/odr/
  14. Perlindungan Data Kami menganggap serius perlindungan data pribadi Anda. Anda dapat menemukan informasi rinci tentang pengumpulan, pemrosesan, dan penggunaan data pribadi Anda dalam Kebijakan Privasi kami.

Terhitung sejak 07-09-2018

Header
Subject
Body
Footer